Minggu, 23 Oktober 2016

Tutorial Mengoneksikan Databse PHP

         Hai teman-teman kali ini saya akan memberikan informasi Tutorial Cara Membuat & Mengoneksikan Database PhpMyadmin dengan Xampp di Php. Langsung saja ya kita ke praktek. jangan lama-lama nanti gagal hehehehe :D
          Pertama Kalian harus punya text editor (Notepad, Dream Weaver, Sublime dll) Dan Anda Harus punya Xampp, kali ini saya akan menggunakan text editor Sublime Text-3 dan Xampp versi 3.2.1 

1. Buka Text Editornya

2. Silahkan CTRL+S (Save) terlebih dahulu, namun savenya di htdocs, kalo saya membuat folder baru dengan nama PHP agar tidak ribet nyarinya. didalamnya lagi buat Folder Latihan-1 lalu simpanlah dengan file koneksi.php

3. Sekarang anda Silahkan buka Applikasi Xampp-nya lalu klik Start (Apache dan Mysql) di kolom action Seperti gambar dibawah, jika sudah di klik 



4. Lanjut kita buka Browser -> localhost/phpmyadmin -> Pilih Database / Basis Data. silahkan anda buat database yang anda inginkan, misalkan saya membuat dengan nama db_latihan1 didalam kotak Create Database.

5. Kita masukan syntak seperti gambar di bawah ini : 


         syntak mysql_connect('localhost','root',''); ini untuk mengkoneksikan data kedalam database
dan 'localhost' adalah Nama Server, 'root' adalah Nama User dan yang terakhir adalah sebagai password jika anda menggunakan password, Silahkan di isi passwordnya seperti contoh :   mysql_connect('localhost','root','password') 

         syntak mysql_select_db('db_latihan1'); ini adalah untuk menghubungkan dengan database yang telah kita buat or die ("Database Tidak Ditemukan") ini untuk memberitahu bahwa databasenya tidak ada / belum dibuat

          Mungkin Dari saya cukup sekian mudah-mudahan ilmunya bermanfaat, nanti akan saya Post tentang CRUD dasar untuk PHP di pertemuan selanjutnya, Terimakasih telah datang ke Blog saya :D
Salam Programmer



EmoticonEmoticon